Gaya Kepemimpinan Herman Deru Dekat Dengan Rakyat Jadi Inspirasi Gubernur Gorontalo

Spread the love

Palembang – Meski lebih senior, Gubernur Gorontalo H.Rusli Habibie tak sungkan memuji gaya kepemimpinan Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Kedekatan yang dibangun Ketua DMDI Nasional itu dengan rakyatnya saat memimpin pun diakuinya jauh dari pencitraan bahkan menjadi inspirasi tersendiri bagi Rusli Habibie.

Dalam sambutannya saat bersilaturahmi dengan Gubernur  Herman Deru bersama rombongan JK Merah Putih Community, di Griya Agung, Kamis (29/10/20) malam, Rusli mengaku cukup paham dengan karakter HD. Gaya kepemimpinan HD yang khas anak muda dan bersemangat membuatnya kerap mengamati berbagai kegiatan-kegiatan HD melalui media sosial.

“Wah kalau Dia (Herman Deru) gak ada lawannya. Kedekatannya dengan rakyat luar biasa. Tapi sekarang memang begitu mestinya. Kita (pemimpin) bukan lagi menunggu dilayani, sebaliknya Kita yang harus melayani masyarakat,” ujar Rusli Habibie usai mendapat mandat sebagai Ketua DMDI Gorontalo dari Ketua DMDI Nasional H.Herman Deru.

Lebih jauh Rusli mengatakan, cara HD merangkul rakyatnya dengan tidak menjaga jarak dengan mereka adalah contoh pemimpin yang dapat dijadikan panutan. Karena suka dengan gaya kepemimpinannya itu, Rusli bahkan mengaku kerap kali memantau kegiatan Ketua DMDI Indonesia itu lewat media sosial yang kerap turun langsung ke masyarakat dan menyerap aspirasi.

“Saya ikuti terus, Saya lihat bagaimana Ia turun ke masyarakat dan menyerap aspirasi. Beliau memang sungguh-sungguh, bukan pencitraan,” pujinya seraya mengatakan bahwa cara HD inipun menjadi inspirasi tersendiri baginya.

Kesan positif Rusli pada Herman Deru juga tak terbatas pada gaya kepemimpinannya yang sangat pro rakyat. Namun sepak terjang HD saat memperjuangkan kebutuhan daerahnya di pusat juga menuai perhatian khusus bagi Rusli. Apalagi saat semua Gubernur se Indonesia dikumpulkan di Ibukota Jakarta.

“Pokoknya beliau ini (Herman Deru) paling cerewet. Kalau Gubernur-Gubernur kumpul di Jakarta rapat, Dia maunya interupsi pak Presiden terus, ” ujar Rusli setengah bercanda.

Menurut Rusli kegigihan HD memperjuangkan daerah di pusat itu patut dihargai. Karena itu bentuk perhatian dan juga sebagai upayanya mensejahterakan masyarakat Sumsel.

“Saya tahu betul, beliau ini di pusat agresif sekali apalagi kalau soal anggaran, ini tentu dilakukannya demi pembangunan Sumsel,” ujarnya lagi.

Sementara itu menanggapi pujian tersebut, Gubernur Sumsel H.Herman Deru yang ada di lokasi yang sama terlihat hanya bisa tersenyum.

Menurut HD, apa yang dikatakan Rusli Habibie tersebut sepenuhnya benar. Ia mengaku sangat bersemangat saat berkesempatan Ratas di pusat, bersama para Gubernur dan Presiden karena itu adalah momen untuk menyampaikan uneg-uneg di daerah.

Menurutnya dengan APBD tiap daerah yang rata-rata terbatas, tiap daerah sangat membutuhkan support anggaran dari pemerintah pusat agar percepatan pembangunan di daerah segera terwujud.

“Kalau Saya apa adanya saja ya. Saya juga ikuti jejak beliau Gubernur senior. Beliau “Abang” Saya dalam melayani masyarakat. Sedapat mungkin kita tetap menjalankan aturan-aturan formal yang ada berdampingan dengan aturan. keadatan yang di wilayah setempat ,” pungkasnya.(Rilis Humas Pemprov)


Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here