TP PKK Sumsel Sinergikan Program Kerja Tahun 2021

Spread the love

* Feby Deru Gelar Rapat Konsultasi TP PKK se-Sumsel

Palembang – Meskipun pandemi covid-19 masih terjadi dan mempengaruhi seluruh lini kehidupan, tak terkecuali kegiatan dan program PKK Sumsel yang turut terdampak. Kendati demikian,  hal ini tidak menjadi penghalang bagi Ketua TP Sumsel Feby Deru untuk terus melakukan sinergi gerakan dan program PKK bersama TP PKK kabupaten/kota se-Sumsel dengan menggelar rapat konsultasi (rakon) PKK se-Sumsel, bertempat di Griya Agung, Jumat (23/10/2020) pagi, diikuti para Ketua TP PKK kabupaten/kota.

Feby Deru mengatakan program dan kegiatan PKK yang telah disusun selama satu tahun pada 2020 tidak bisa dilaksanakan secara maksimal. Namun hal itu tak menyurutkan semangat TP PKK Sumsel untuk berbuat dan mengabdi untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Untuk itu, kami mengadakan rapat konstasi  PKK se-Sumsel guna mensinergikan gerakan dan program PKK di tahun depan. Meskipun kita tahu pandemi ini entah kapan akan berakhir. Gerakan dan program PKK harus tetap dijalankan dan kita matangkan,” kata Feby.

Dilanjutkannya, pemerintah telah berupaya sekuat tenaga mengatasi pandemi khususnya sektor perekonomian. Karena itu, TP PKK provinsi tetap berupaya ikut melangkahkan kaki bersama-sama dengan pemerintah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif terhadap masyarakat.

“Dengan membuka dapur umum, membagikan makanan siap saji, membagikan sembako, membagikan masker, dan face shield langsung ke masyarakat, maupun ke pasar tradisional, membagikan hand sanitizer, membagikan cairan pembersih lantai untuk masjid dan musholla di wilayah Sumsel,” beber istri orang nomor satu di Sumsel itu.

Tak hanya membagikan bantuan, ditambahkan Feby, PKK Sumsel juga melakukan upaya edukasi ke masyarakat agar melaksanakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Sosialisasi dilakukan baik melalui media massa, media sosial, dan tatap muka langsung ke masyarakat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara patuh,” pungkasnya.

Rakon PKK se-Sumsel sendiri dibuka oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan pemprov Sumsel Akhmad Najib yang mewakili Gubernur Sumsel Herman Deru.

Dalam sambutan Gubernur Sumsel yang dibacakannya Akhmad Najib mengatakan pemprov Sumsel menyambut baik kegiatan rakon PKK se-Sumsel yang merupakan salah satu program kerja TP PKK Sumsel yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara TP PKK Sumsel dengan TP PKK kabupaten/kota.

“Kegiatan ini untuk menyelaraskan program kerja TP PKK Sumsel dengan TP PKK kabupaten/kota guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. Rakon ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling berinteraksi dan membahas berbagai permasalahan yang ada kaitan dengan program TP PKK Sumsel,” imbuhnya.

Diungkapkan Najib gerakan PKK telah banyak menunjukkan keberhasilannya terutama dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK. Hal ini bukan saja meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan, tetapi yang lebih penting adalah gerakan PKK telah menyumbang dharma bakti dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama kaum perempuan di pedesaan.

“Di kesempatan ini, saya juga mengingatkan kembali kepada para Bupati/Walikota se-Sumsel untuk senantiasa memberikan dukungan nyata terhadap program-program kerja pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga sesuai dengan Surat Kemendagri tanggal 11 Mei 2006 nomor 411.4/983/S.J . Serta mudah-mudahan semua program yang dibuat menghasilkan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tandasnya.

Selanjutnya rakon PKK se-Sumsel diisi dengan pemaparan program kerja PKK oleh Ketua TP PKK kabupaten/kota terkait program kerja yang telah dilakukan sepanjang tahun 2020 dan pemantapan program kerja PKK pada tahun 2021.(Rilis Humas Pemprov)


Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here