Wagub  Inginkan Pemuda Sumsel Kreatif Buka Lapangan Kerja Baru

Spread the love

#  Mawardi Yahya Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-92

PALEMBANG, – Komitmen kebersamaan para pemuda yang diikrarkan dalam sumpah pemuda tahun 1928 silam, merupakan salah satu bukti jika dengan persatuan, cita-cita bangsa dapat diwujudkan.

Hal itulah yang disampaikan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 di Plaza Barat Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Rabu (28/10).

Semangat itu, kata Mawardi, harus menjadi pemantik para pemuda di Sumsel untuk terlibat dalam membangun daerah. Bahkan dia juga menekankan, pemuda di Sumsel juga dituntut untuk mampu beradaptasi dengan dinamikan perubahan dan perkembangan zaman yang saat ini begitu pesat.

“Jumlah kaum muda yang saat ini yang menduduki posisi tertinggi harus disikapi dengan bijak agar pemuda khususnya di Sumsel dapat bersaing dengan dunia luar dengan membuat pedoman dan mendorong program prioritas kepemudaan,” katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, pemuda diharapkan dapat menjadi lebih kreatif, mandiri dan berdaya saing tinggi.

“Program prioritas itu akan membangkitkan semangat para pemuda salah satunya semangat kewirausahaan berupa usaha digital yang bermuara pada terciptanya lapangan pekerjaan baru yang diprakarsai pemuda itu sendiri,” tuturnya.

Termasuk juga terlibat dalam penanganan pandemi covid-19 yang saat ini masih terjadi. Pemuda diminta dapat menjadi pendongkrak optimisme masyarakat dalam menghadapi covid-19.

“Aksi pemuda peduli di era covid-19 ini harus terus dilakukan. Sampaikan narasi-narasi positif sehingga membuat masyarakat optimis,” tegasnya.

Sebab itu, lanjutnya, Pemprov Sumsel sendiri gencar mengadakan kegiatan kepemudaan untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi di berbagai bidang. Hal itu juga dilakukan agar para pemuda dapat bersaing di tengah perkembangan zaman.

“Pemuda ini harapan bangsa dan negara. Pemuda Sumsel harus semakin maju dan berkembang. Kita berharap kedepan banyak muncul tokoh-tokoh muda di Sumsel yang mendunia dan menjadi job creator,” terangnya.

Kegiatan Sumpah Pemuda di Sumsel diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Wakil Gubernur H. Mawardi Yahya dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pihak yang berkontribusi dalam pengembangan kepemudaan di Sumsel.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba yang sebelumnya digelar secara digital. Seperti lomba festival band dan video kreatif memperebutkan piala Gubernur Sumsel.

Tak berhenti sampai disitu, di hari Sumpah Pemuda tersebut, Pemprov Sumsel juga menyerahkan bantuan kendaraan operasional untuk keluarga Pramuka Sumsel.(Rilis Humas Pemprov)


Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here