.
.

metrosumsel.com

.

Thia Yufada Dodi Reza : Peran Bunda PAUD sangat penting dalam Pengembangan SDM Sejak Dini


Spread the love

METROSUMSEL.COM,JAKARTA – Bunda PAUD adalah bagian dari upaya untuk mengantarkan anak Indonesia yang cerdas dan sehat. Keberadaannya penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di suatu wilayah dalam mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas di daerahnya. 

Demikian dikatakan Bunda PAUD Kabupaten Musi Banyuasin, Hj Thia Yufada Dodi Reza saat menghadiri acara Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD 2019, bertempat di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (2/42019). Acara dihadiri oleh seluruh Bunda Baca tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi se Indonesia

“Sejak dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Periode 2018-2023 pada 25 Februari 2019 yang lalu, kami istri Bupati/Walikota Se Sumatera Selatan kami berkomitmen kuat untuk memajukan pendidikan anak usia dini terkhusus di Kabupaten Muba. Kami percaya bahwa prosesi ini akan menjadi awal dari upaya strategis untuk bersama-sama membangun generasi emas yang berkualitas mulai dari usia dini, “ujarnya.

Istri Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin ini juga mengatakan, peran dan fungsi strategis Bunda PAUD memang telah menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten Muba. “Ini tentu menjadi harapan baru bagi setiap tunas-tunas bangsa bisa memperoleh hak-haknya dari orangtua, keluarga dan masyarakat dimana dia berada,” ujar Thia yang juga sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Muba.

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Prof DR Muhadjir Effendy MAP menegaskan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi dan pilar utama dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Karena itu, pembangunan pendidikan karakter manusia Indonesia harus dimulai sejak  usia dini pada anak. Pembangunan pendidikan karakter harus menjadi bagian setiap keluarga dalam bentuk pendidikan non formal maupun lewat jalur informal  dalam satuan pendidikan seperti  PAUD, TK, Kelompok Bermain dan sejenisnya.

“Menanamkan nilai-nilai luhur dan karakter harus dimulai sejak usia dini. Dan keluarga memiliki peran besar dalam membangun manusia Indonesia berkarakter, berahlak mulia dan dan berbudi pekerti luhur dengan rasa nasionalisme dan kebangsaan yang tinggi,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, mewakili Presiden RI, Mendikbud juga meluncurkan Program Pendidikan Kebencanaan dan berdialog dengan 1.262 Bunda PAUD Nasional dan Bunda PAUD Daerah. Tema penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD Tahun 2019 adalah Memantapkan Peran Bunda PAUD dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Sejak Usia Dini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan talkshow yang diisi langsung oleh Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla.(Rill)


Spread the love

Reviews

  • Total Score 0%
User rating: 0.00% ( 0
votes )



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *