GUBERNUR SUMSEL PANEN PEDET DI OKU TIMUR

OKU Timur, – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur kembali melaksanakan panen Pedet(anak sapi) melalui Sinkronisasi Ekstrus dan Inseminasi buatan pada hari Minggu di Desa Margo Dadi Kecamatan Semendawai suku lll (29/11/2020).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur Ir. Tubagus Sunarseno mengatakan pembangunan Peternakan berupa kegiatan Sinkronisasi Ekstrus dan inseminasi buatan pada tahun 2019 tidak sedikit dan banyak pihak yang memandang tidak percaya tentang kegiatan ini tapi hari ini kita buktikan bahwa telah lahir anak-anak sapi(Pedet) sebanyak 10.000 ekor, terang Tubagus Sunarseno.

Hari ini juga Diskanak Kabupaten OKU Timur akan membagikan 10.000 kartu kelahiran anak sapi yang nanti nya akan di serahkan secara simbolis, pada tahun 2019 lalu Sinkronisasi pada 6 Kecamatan hanya menggunakan 1873 ekspektor, sementara pelaksanaan tahun 2020 ekspektor yang di gunakan sebanyak 20.000 ekspektor dengan target kelahiran dan penambahan populasi sapi sebanyak 10.000 ekor anak sapi dan terbukti dengan adanya Rekor Muri, ujarnya dengan bangga.

Sementara itu Bupati Kabupaten OKU Timur HM. Kholid Mawardi S.Sos.Msi menambahkan pada tahun 2000-2005 Kabupaten OKU Timur mengalami kemerosotan ternak, terutama ternak sapi karena faktor keamanan petani merasa takut akan kehilangan sapinya, cerita Bupati.

Hingga hari ini Kabupaten OKU Timur telah memiliki 96.000 ekor sapi yang merupakan terbanyak di Provinsi Sumatera Selatan, dan mengharapkan pemerintah Sumatra Selatan untuk membuka pasar daging karena OKU Timur bukan saja menjadi lumbung padi tapi juga lumbung daging bagi Provinsi Sumatera Selatan bahkan nantinya bisa menjadi daerah pengekspor daging sapi, tambah Kholik.

Acara peresmian panen Pedet(anak sapi) ini diresmikan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru yang di dampingi langsung oleh Bupati Kabupaten OKU Timur HM. Kholik Mawardi dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ir. Tubagus Sunarseno yang juga di hadiri oleh beberapa Kepala Bagian atau Dinas yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Kontributor: Adi

Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *