Mengenal Renny Astuti Pejuang PPAT Yang Hijrah ke Dunia Politik

0
1
Anggota Komisi II DPR RI, Hj. Renny Astuty, SH, SpN
Spread the love

Anggota Komisi II DPR RI, Hj. Renny Astuty, SH, SpN

JAKARTA, Metrosumsel.com — Bagi sejumlah kalangan aktivis dan praktisi hukum di Sumatera Selatan, nama Renny Astuti, sudah tidak asing lagi, namanya dikenal jauh sebelum dirinya duduk sebagai anggota DPR/MPR RI masa bakti 2019-2024 mewakili daerah pemilihan sumatera selatan 1 (Dapil Sumsel 1).

Dalam perjalanan karirnya menuju kursi DPR/MPR RI, Renny Astuti atau yang akrab disapa Renny, penuh perjuangan dan lika liku.

Sebelum terjun kedunia politik, keseharian Renny berkecimpung sebagai seorang pejabat pembuat akta tanah (PPAT) atau notaris di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Bahkan pengabdiannya melayani masyarakat sudah hampir menginjak seperempat abad.

Bukan tidak berbekal ilmu politik, wanita 49 tahun darah basemah ini ternyata memiliki latar belakang sebagai seorang aktivis perempuan, pada tahun 90-an dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Pada masa itu Renny dikenal aktif dalam organisasi kemahasiswaan, dirinya dikedepankan sebagai inisiator protes terutama mengenai kebijakaan-kebijakan pemerintah yang tidak berpihak bagi kalangan masyarakat miskin. Suaranya lantang menyuarakan ketertindasan rakyat dan menuntut keadilan atas hak ganti rugi tanah rakyat yang dinilai tidak sepadan, bahkan perjuangan pun sampai ke Ibu Kota Negara di Jakarta.

Kontestasi Politik, Perang Bintang Dapil Sumsel I

Renny Astuti merupakan satu dari srikandi Partai Gerindra yang berhasil melenggang ke kursi di DPR/MPR RI di Senayan Jakarta masa bakti 2019-2024.

Pada tahun 2014, Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto ini pun sudah mempercayakan Renny untuk mengikuti kompetisi pemilu legislatif. Namun Renny saat itu belum bersedia, dirinya masih perlu pematangan dan persiapan yang lebih serius untuk maju sebagai calon legislatif.

Pada tahun 2019, Kiprah Renny sebagai seorang pejabat pembuat akte tanah (PPAT) di Sumatera Selatan terus terhembus ke pusat Ibu Kota Jakarta, Partai berlambang kepala Garuda ini kembali memberikan kesempatan kepadanya untuk mengikuti kompetisi pemilu legislatif 2019. Kesempatan kedua pun disambutnya, dirinya bersedia dicalonkan sebagai salah satu calon legislatif DPR RI daerah pemilihan Sumsel I (Dapil Sumsel I), meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Muratara dan Kota Linggau.

Kesediaan Renny mencalonkan diri sebagai angggota DPR RI bukan dilatarbelakangi kebutuhan materi, namun panggilan jiwa yang lebih besar untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Dapil Sumsel I merupakan arena kompetisi politik perang bintang, banyak politikus-politikus senior yang berkompetisi di zona ini, secara Internal Partai, dirinya dihadapkan dengan Edhy Prabowo calon incumbent sekaligus wakil ketua umum partai Gerindra, bahkan Edi Santana mantan Walikota Palembang dua periode yang melegenda.

Dieksternal partai lainnya ada Kahar Muzakir dari Golkar, Nazarudin Kiemas dari PDI Perjuangan, Ishak Mekki mantan Wakil Gubernur Sumatera Selatan dari Demokrat, Lury Elza Alex Noerdin adik Bupati Musi Banyuasin, Mustafa Kamal Sekjen PKS, Hafiz Tohir dari PAN, Fauzi Amro dan politikus-politikus lainnya yang cukup berpengaruh ditingkatan daerah dan maupun ditingkatan pusat.

Pesta demokrasi 17 April 2019 pun berlalu, Renny meraih suara terbanyak ketiga di Internal partainya, dengan perolehan kisaran 45 ribu suara.

Niat yang tulus tidak memupuskan cita-citanya. Rabu, 23 Oktober 2019, bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Edhy Prabowo dilantik Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju, Prabowo Subianto menduduki posisi Mentri Pertahanan sedangkan Edhy Prabowo menduduki posisi Menteri Kemaritiman Kelautan dan Perikanan.

Pelantikan Sumpah Jabatan DPR RI, Hj Renny Astuti, SH, SpN

Renny Astuti Dilantik Menjadi Anggota DPR RI PAW Edhy Prabowo

Pasca dilantiknya Edhy Prabowo menjadi Menteri Kemaritiman Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, peluang Renny Astuti terbuka untuk melanjutkan Visi-Misi mengabdi kepada negeri. Rabu, 22 Januari 2020, menjadi momentum sejarah baru dalam perjalan hidupnya. DPR RI melantik dua anggota pergantian antar waktu (PAW) dalam rapat paripurna. Dua anggota PAW yang dilantik menggantikan dua anggota DPR 2019-2024 terpilih yang diangkat menjadi menteri, yaitu Edhy Prabowo dan Zainudin Amali.

Pelantikan dua anggota PAW digelar dalam rapat yang digelar di ruang paripurna DPR RI, gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Renny Astuti dan Ali Ridha.

Renny Astuti menggantikan Edhy Prabowo dari Fraksi Partai Gerindra dan Ali Ridha menggantikan Zainudin Amali dari Fraksi Partai Golkar oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam rapat paripurna.

Amanah dan Tanggung Jawab Sabagai Wakil Rakyat

Kepercayaan partai dengan kemampuan Renny sebagai seorang notaris dan praktisi hukum proporsional mengantarkan dirinya menduduki Komisi II di DPR RI.

Mitra kerja Komisi II DPR RI, meliputi ;

1. Kementrian Dalam Negeri

2. Kementerian Sekretariat Negara

3. Badan Pertanahan Nasional

4. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

5. Badan Kepegawaian Negara (BKN)

6. Sekretariat Kabinet RI

7. Ombudsman RI (ORI)

8. Komisi Pemilihan Umum (KPU)

9. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

10. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

11. Lembaga Administrasi Negara (LAN)

12. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

13. Lembaga Staf Kepresidenan

 

Hj. Renny Astuty, SH, SpN

Biodata

Nama : Hj Renny Astuti, SH, SpN

Suami : Ir. H. Jadi Purwoko

Pekerjaan Suami : VP Engeneering Megaproject Pertamina

Anak :

1. dr. Rizkia Retno Dwiningrum

2. M. Arif Trinanda

3. Ghazi Naufal Mahardika

4. Rheina Putri Maharani

 

Tempat Tanggal Lahir : Pagar Alam, 21 Maret 1971

Agama : Islam

Pendidikan:

SDN 4 Pagar Alam

SMPN 1 Pagar Alam

SMA Xaverius 1 Palembang

S1 FH UJB Yogyakarta

S2 Pendidikan Spesialis Notariat FH UGM Yogyakarta

ORGANISASI

1. Ikatan Notaris Indonesia

2. Indonesian Marketing Association

3. Palembang Womans Club

PEKERJAAN

1. Anggota DPR/MPR RI (2020 – skrg)

2. Notaris รท PPAT kota Palembang (1999 – 2019)

Rilis TA


Spread the love

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here