.
.

metrosumsel.com

.

Pemkab OKU Timur Gelar RAKOR Bersama KPU dan Stakeholder


Spread the love

Metro Sumsel.com, OKU Timur

-Pemerintahan Kabupaten OKU Timur menggelar rapat kordinasi (RAKOR) bersama Stakeholder dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Aula Bina Praja 1 Kantor Bupati OKU Timur membahas tahapan pencalonan perseorangan pemilihan Bupati dan wakil Bupati pada pilkada tahun 2020.

Selain di hadiri langsung oleh ketua KPU Kabupaten OKU Timur rapat kordinasi juga dihadiri oleh Asisten 1 Setda OKU Timur, perwakilan dari DPRD, Bawaslu, perwakilan partai politik, Kesbangpol dan perwakilan dari Kepolisian, serta perwakilan dari tokoh masyarakat dan Tokoh agama, Rakor membahas tentang pemaparan tahapan teknis dan tahapan pencalonan dari perseorangan.

Dalam paparan nya ketua KPU Kabupaten OKU Timur Herman jaya mengatakan jika ada pencalonan perseorangan(Independen) calon Bupati dan wakil Bupati maka ini merupakan sejarah baru di Kabupaten OKU Timur pada pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 nanti, tegas Herman Jaya.

 

Herman Jaya selaku Ketua KPU juga menambahkan, syarat jumlah minimum dukungan untuk bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati pada jalur independen dalam pilkada tahun 2020 nanti sebesar 41.406 dukungan pemilih yang tersebar setidaknya di 11 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di kabupaten OKU Timur.

“Namun tentunya syarat dukungan perseorangan jumlah dukungannya harus tersebar dilebih dari 50 persen jumlah kecamatan di daerah kabupaten/kota yang bersangkutan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maupun pemilihan Walikota dan Wakil Walikota sebab hal tersebut sesuai dengan pasal 10 PKPU 3/2017, terangnya.

ketua KPU juga menerangkan penetapan jumlah minumum dukungan persyaratan dan persebaran pasangan calon perseorangan berdasarkan rekapitulasi DPT Pemilu/Pemilihan terakhir pada 26 Oktober 2019. Pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorang pengumuman penyerahan dukungannya pada tanggal 3 hingga 16 Desember.

Penyerahan syarat dukungan bakal Bupati dan Wakil Bupati atau calon walikota dan wakil wali kota berlangsung sejak 19 hingga 23 Februari 2020, kemudian pengecekan jumlah dukungan dan sebaran tanggal 19 hingga 26 Februari 2020 sedangkan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan pada tanggal 27 Februari hingga 25 Maret 2019.

Bupati OKU Timur melalui Assisten I Setda OKU Timur Dwi Suprianto mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada di kabupaten ini diharapkan berjalan dengan lancar, aman dan tingkat residu yang kecil. “Kita sadar itu merupakan tanggungjawab kita bersama guna menciptakan pelaksanaan Pilkada yang aman dan lancar serta kondusif, Pungkasnya, diakhir Rapat kordinasi tentang pemilihan pencalonan Bupati dan wakil Bupati secara Independen tersebut.(AM/Tim)


Spread the love

Reviews

  • Total Score 0%
User rating: 0.00% ( 0
votes )



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *