.
.

metrosumsel.com

.

445 TPS di Banyuasin Pemungutan Suara Susulan


Spread the love

Suasana Pemungutan Suara Susulan TPS 04 Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tape Kabupaten Banyuasin

BANYUASIN, Metrosumsel.com — Lantaran terjadi kesalahan dalam percetakan surat suara (susu) daerah pemilihan II Kabupaten Banyuasin oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebanyak 445 TPS di 65 Desa, 5 Kecamatan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan melakukan pemungutan suara susulan (PSS).

Pemungatan suara susulan dalam 5 Kecamatan, antara lain Kecamatan Suak Tapeh, Pulau Rimau, Betung, Tungkal  Ilir dan Kecamatan Selat Penugukan, mendapat pantauan langsung dari Komisioner KPU RI Ilham Saputra dan Bawaslu RI Frizt Edward Siregar bersama Bupati Banyuasin Askolani, Wakil Bupati Banyuasin Slamet Somosentono, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, S.IK, Dandim 0430 Banyuasin, Letkol Arh Alfian Amran,  serta unsur muspida Kabupaten Banyuasin, Sabtu (27/04).

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengatakan, hari ini dilakukan peninjauan untuk memastikan pemungutan suara susulan di Dapil II Banyuasin berjalan lancar, apabila terdapat kelalaian silakan dilapokan ke Bawaslu.

“Meski mengalami beberapa kendala, Alhamdulillah pemilihan hari ini berjalan dangan lancar dan kita tetap melayani hak masyarakat untuk menyampaikan pilihan politiknya, dengan melakukan pemungutan suara ulang sesuai peraturan perundang-undangan. Jika terdapat kesalahan prosedur dan dugaan pelangaran lainnya merupakan kewenangan DKPP dan silakan lapor ke Bawaslu. Tidak perlu diriibukan, karena sudah ada kanal-kanalnya,” kata Ilham Saputra.

Suasana Kunjungan KPU RI dan Bawaslu RI

Komisioner Bawaslu RI Frizt Edward Siregar menyampaikan, pihaknya sudah melihat langsung kesiapan KPU dan Bawaslu untuk penyelenggaraan pesta demokrasi memilih wakil rakyat di Dapil II Kabupaten Banyuasin.

“Pelaksanaan ini dapat terlaksana berkat terjalin kerjasama pemerintah daerah dengan forpinda yang lain, partisipasi masyarakat cukup tinggi, hampir 70 persen dari jumlah daftar pemilih memberikan hak suara mereka untuk pemungutan suara susulan dapil II Banyuasin,” terang Frizt Edward Siregar.

Sementara itu, Bupati Banyuasin Askolani menerangkan, pemantauan pemerintah kabupaten bersama KPU RI dan Bawaslu RI dalam rangka memastikan pelaksaan pemungutan suara susulan di 445 TPS berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

“Pada hari ini kita sengaja, kita ingin memastikan proses pemungutan suara susulan berjalan lancar tanpa halangan apapun, dan dapaat kita saksikan pelaksanaan hari ini berjalan dengan lancar. bahkan diperediksi 80 persen masyarakat memberikan hak suaranya dalam pemungutan suara susulan ini. Setidaknya di Dapil II Banyuasin terdapat 445 TPS dari 65 Desa 5 Kecamatan yang melakukan pemungutan suara susulan hari ini,” terang Bupati Banyuasin, Askolani.

 

Laporan : Muhammad Maulana

Editor : reza


Spread the love

Reviews

  • Total Score 0%
User rating: 0.00% ( 0
votes )



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *